Quote:
Memang demam bola tidak ada habisnya, baik luar maupun dalam negeri. Bisnis anda sangat memanfaatkan suasana tersebut.
Anda sah-sah saja memberi merek dagangan anda. Namun cobalah berpikir "APA YANG MEMBUAT PRODUK ANDA BERBEDA DIBANDINGKAN DENGAN PRODUK ORANG LAIN" / "APA KEUNGGULAN PRODUK ANDA DIBANDING PRODUK ORANG LAIN" hal itu namanya differensiasi. Artinya anda bisa menemukan jawaban bahwa kenapa orang/konsumen harus membeli produk anda, bukan produk orang lain. (anda bisa baca tentang differensiasi di buku saya, atau klik disini)
Jika anda tidak bisa menemukan, merek anda jadi mubazir. Hanya sekedar merek sepintas lalu.
Penemuan jawaban diatas menentukan penguatan merek anda. Semakin banyak jawaban yang bisa diberikan, semakin kuat merek anda.
Contoh saja Sabun mandi, mungkin anda mempunyai 1 merek yang selalu anda pakai. Kali ini coba tanyakan pada diri sendiri, kenapa anda memilih merek itu, bukan yang lain.
Mungkin jawaban anda seperti ini,
"Oh karena antiseptik-nya kuat, sehingga saya yakin lebih bersih";
"Oh karena di iklan, sabun ini membuat kulit putih kuning langsat"
"Oh karena sabun ini murah meriah, tapi kalau ada yang lebih murah lagi saya akan beli merek lain"
"Oh karena sabun ini baunya enak, tapi kalau ada yang lebih wangi lagi saya akan beli merek lain"
Sekarang coba rumuskan produk anda. Temukan kenapa orang/ konsumen harus membeli produk anda, dan jika anda menemukan, beri nama (merek) supaya orang mudah mengenali produk anda.
Salah satu fungsi/ efek dari penemuan jawaban itu, beserta dengan merek yang kuat, maka bisnis anda bisa bertahan lama.
Mumpung masih muda, bangunlah merek mulai dari sekarang.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar